Thursday, June 25, 2009

Cara Sederhana Menghilangkan Internet History di Firefox

Begituan

Sudah lama saya tidak posting sesuatu mengenai Firefox. Kini, saya ingin berbagi cara sederhana tentang bagaimana menghilangkan history internet kita di Firefox. Mungkin ini sederhana untuk kita gunakan, namun coba bayangkan jika kita berbagi komputer dengan pacar kita dan kita membuka situs yang "gituan", dan tanpa sengaja dia mengetahuinya??

Wow, ngeri pasti kalau hal ini sampai terjadi. Untuk itu kadang kita harus menghapus sebagian hasil browser kita. Karena tidak semua history daalam browsing kita ingin kita hapus, maka tidak ada salahnya jika kita hanya menghapus beberapa sejarah saj di dalam Firefox kita.


Pilihan "Forget about this Site"

Pilihan ini disarankan jika Kita ingin menghapus hanya beberapa website dari hisory Firefox.

Forget about this Site

Tekan Ctrl + H untuk mengakses riwayat Website ataau history web di sidebar Firefox , ketik beberapa karakter di kotak pencarian untuk mencari website-website yang akan dihapus, klik kanan dan pilih "Forget about this Site" seperti terlihat pada Screenshot.

Pilihan ini memungkinkan Kita menghapus seluruh domain baik seperti google.com ataupun subdomain (seperti images.google.com) dari history browser.

Jika Kita ingin menghapus secara selektif atau hanya beberapa halaman web dari history (dan bukan website secara keseluruhan), cukup klik kanan pada judul halaman web dalam history box dan pilih Delete This Page atau tekan tombol Del pada keyboard.


Pilihan "Clear Recent History"

Misalnya, jika kita membuka website yang "begituan" pada 2 jam terakhir menggunakan browser Firefox, bagaimana kita memastikan bahwa semua yang telah dibrowsing sebelumnya oleh teman atau kerabat kita tidak terhapus sebelum mereka yang mengetahuinya?

Clear recent history

Sederhana saja, tekan Ctrl + Shift + Del di Firefox untuk membuka kotak "Clear Recent History" dan pilih "the last two hours" untuk 2 jam terakhir atau "my history for today" untuk history kita hari ini.

Perlu diingat bahwa ini hanya akan menghapus history Internet terakhir Kita saat meninggalkan data lama jadi teman atau kerabat kita akan tetap dapat mengakses semua yang telah mereka kunjungi sebelum Kita dari address bar.


Private Browsing di Firefox

Sekarang dalam situasi di mana Kita tidak ingin mengambil risiko menghapus history, mengaktifkan mode "private browsing" di Firefox dengan mengetikkan about:privatebrowsing di address bar (atau pilih Private Browser pada Tools menu).

Ini merupakan pilihan yang aman karena tidak ada aktivitas Website Kita yang akan disimpan sembarang tempat. Mode private browsing akan dimatikan secara otomatis setelah Anda Kita menutup browser.

private browsing

Mudah bukan? Silahkan mencoba dan janga sampai ada yang mengetahui apa saja yang telah kita akses selama menggunakan Firefox.

6 comments:

balisugar Thursday, June 25, 2009 at 7:01:00 AM PDT  

Siip tip nya teruskan berbagi dengan teman !

Salam

munawar am Thursday, June 25, 2009 at 8:53:00 AM PDT  

kalau urusan beginian, jago banget dech;
tips2 praktis dan bisa langsung diterapkan

arizvananda Thursday, September 10, 2009 at 7:02:00 AM PDT  

thnx buat tipsnya..
salam kenal..

lauzer Friday, June 17, 2011 at 10:29:00 PM PDT  

mantab gan jelas dan simple

ary seger Friday, February 24, 2012 at 12:26:00 AM PST  

thanks
ini ngebantu bangeett

Anonymous Monday, May 21, 2012 at 1:35:00 PM PDT  

Mas bro..kilo iPad gmn ya?

Post a Comment

U Buzz I Buzz!!

  © Copyright 2007-2012. Fariez TheFachia.com. All rights reserved. TheFachia.com is proudly powered by Blogger.

Back to TOP